Rabu, 19 Oktober 2011

Praktikum Akuntansi Biaya Kasus PT Patal Mataram


Item Buku per Set
  1. Buku Informasi Umum dan Instruksi
  2. Buku Bukti Transaksi
  3. Kertas Kerja
  4. Buku Rekening Besar
  5. Buku Rekening Pembantu
Bahan laboratorium akuntansi biaya ini disusun dengan tujuan utama untuk memberikan latihan kepada mahasiswa yang telah mempelajari dan memahami konsep akuntansi keuangan dan akuntansi biaya, khususnya yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok proses. Dengan laboratorium ini diharapkan mahasiswa akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang hubungan antara akuntansi keuangan dan akuntansi biaya, serta proses akuntansi sejak dari penyiapan bukti transaksi sampai tersusunnya laporan keuangan.

Dalam laboratorium ini, para mahasiswa akan dibawa ke dalam perusahaan manufaktur yang berproduksi secara massa. Para mahasiswa ditugaskan untuk menyelenggarakan pencatatan transaksi selama bulan Januari 1993 dan menyusun laporan keuangan pada akhir bulan tersebut. Perusahaan yang dipilih adalah PT Patal Mataram, yaitu sebuah perusahaan hipotetis yang bergerak dalam bidang industri pertenunan yang mengolah kapas menjadi benang tenun.

Bahan laboratorium akuntansi biaya ini terdiri atas 5 (lima) buah buku, yaitu: Buku 1, berisi informasi umum perusahaan, kebijakan akuntansi, kode rekening, dan instruksi; Buku 2, berisi bukti-bukti transaksi yang akan dijadikan dasar pencatatan akuntansi; Buku 3, berisi formulir-formulir untuk mengerjakan instruksi-instruksi; Buku 4, berisi rekening buku besar yang ada di perusahaan; Buku 5, berisi rekening pembantu yang digunakan oleh perusahaan.

Bahan laboratorium akuntansi biaya ini dirancang untuk 24 sesi. Setiap sesi terdiri dari 75 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar